Rabu, 03 Maret 2010

BLUETONGUE (KADAL PANANA)

eem... uda lama jg ni gak nulis artikel di blog gw... oke deh.. berhubung gw juga lagi senggang & gak ada kerjaan, gw coba pengen nulis artikel seadanya ja.... kali ini gw pengen berbagi cerita lagi tentang hobi gw yang sekarang ini lagi getol banget pelihara binatang reptil... kaum hawa klo udah denger yang namanya reptil pasti langsung nge-jerit alias pada berdiri dah tu bulu kuduknya... hehe... tenang kok guys... sebenarnya yang namanya reptil tuh lucu & unik, jadi gak perlu takut... hehe..

ok deh... gw mulai cerita sekarang... sebenernya ci gw masih newbie dalam melihara reptil... tpi gak tau kenapa kok gw jadi seneng banget ya sama binatang reptil.. mungkin karena reptil tuh termasuk binatang yang mempunyai ciri atau sifat yang unik kali ya.. setelah sekitar 3 bulan yang lalu reptil yang pertama kali gw beli yaitu ular retic (python) kemudian gw beli lagi ular dipong (blood python) dan sampai sekarang kedua ular itu masih gw pelihara, kali ini gw membeli kadal.... kadal yang gw beli sekitar 2 minggu yang lalu yaitu kadal BLUETONGUE, biasa orang nyebutnya kadal panana/kadal papua... kata orang ci kadal ini termasuk salah satu reptil yang dilindungi oleh pemerintah... tapi kurang ngerti juga dah gw,, semua jenis ato hanya beberapa jenis aja yang dilindungi... toh kalo mank benar dilindungi ya anggep aj gw ikut serta dalam upaya melestarikan satwa yang dilindungi... hehe.... kadal yang gw beli ni termasuk masih kecil, kata yang jual ci palingan umurnya sekitar 2 bulanan...

reptil jenis ini termasuk salah satu reptil yang mudah dalam pemeliharaannya begitu juga dengan makanannya...
bluetongue biasa makan jangkrik, ulet jerman, buah-buahan (pepaya, pisang) atau bisa juga dikasih cat food / bayi tikus yang masih merah... tempat untuk meliharanya pun gak ribet & gak memerlukan tempat yang begitu besar... kadal ini bisa ditaruh di terrarium yang cukup dialasi dengan serbuk kayu.... untuk menjaga kadal agar tetap fit, sebaiknya pada pagi hari (dibawah jam 9) kadal dijemur sekitar 10-15 menit...
buat pemula yang ingin memelihara reptil, bluetongue sangat cocok untuk binatang peliharaan anda.. jangan berpikiran untuk takut digigit, karena kadal ini sangat jinak...

o iya lupa... gw juga mau ngasih sedikit tips cara memilih kadal yang sehat :
1. lincah, tidak kebanyakan diam
2. sisik mulus, tidak ada yang terbuka
3. mata tidak terlihat cekung

sekian artikel dari gw... mudah2n bisa berbagi dengan semuanya... terima kasih...

Tidak ada komentar: